Implementasi Masyarakat Madani di Indonesia

 Rasika USA,  28-01-2017 10:02:20

  

civil society

Jika orang  barat sering menyebut civil society beda halnya dengan orang  Indonesia yang  menyebut dengan masyarakat madani.Sama saja maknanya,hanya saja berbeda pada pemakaian bahasa.

Ketika jaman Rasulullah SAW pada tahun  623 M  sudah ada yang namanya masyarakat madani.di mana setiap warga negara berhak memberikan perlindungan dan keamanan pada jaman nabi pun juga sudah di terapkan untuk menghargai pendapat dan kepercayaan orang lain.

Masyarakat yang sangat menghargai nilai moral ,social agama dan budaya adalah bagian dari konsep masyarakat madani.

Masyaratakt madani adalah masyarakat yang menghargai keberagaman dan tingginya toleransi yang sebenaranya sesuai dengan warga negara Indonesia di mana negara Indonesia dengan banyaknya perbedaan baik dari segi materi maupun suku,ras dan juga agama.

 

Mengingat dengan kasus kasus yang terjadi di Negara kita saat ini semakin menjadi-jadi seperti tawuran antar suku,antar kampung dan bentrokan-bentrokan yang terjadi karna perbedaan agama dan itu terjadi karna Pluralisme atau keragamana yang ada di Negara kita.

 

Jika kita tidak pandai untuk menykapinya,maka pluralism yang terjadi malah akan menjadi boomerang bagi kita.dalam hal ini perlu adanya pemahaman tentang menghargai perbedaan dan sikap toleran.

 

Kasus yang terjadi di Negara kita saat ini adalah sikap toleransi yang semakin menipis.

Banyak faktor yang mempengaruhi adanya hal tersebut. baik dari segi lingkungan atau pendidikan.

Dalam hal ini perlu di terapkan pemahaman-pemahaman pada masyarakat .

Salah satunya tentang Demokrasi.

Prinsip dari demokrasi adalah Dari,Untuk,O leh masyarakat.

Demokrasi  sebenarnya juga bicara tentang pengakuan hak masyarakat.

Jika kita lihat,sebenaranya pendidikan politik dalam masyarakat juga ada yang keliru,contoh : Seperti money politic yang sering terjadi.

Money politic seolah sudah menjadi budaya dan mengakar pada masyarakat yang sebenaranya itu sangat jauh dari landasan Demokrasi dan Masyarakat Madani dan jika ini di jadikan budaya akan sangat berbahaya.

Dukungan dan pemahaman yangbisa di lakukan adalah sosialisasi  tentang hukum,hak dan kewajiban masyararakat,intinya masyarakat harus sadar hukum.

Selain itu,fungsi pers juga sangat berperan penting,yaitu memberikan informasi dan pelajaran-pelajaran yang mendidik.

Pendidikan niai sejak usia dini juga harus di lakukan,baik itu nilai-nilai individu,kesopanan,disipiin diri,dan peduli terhadap orang lain.

 

Tidak ada kata terlambat untuk membuat masyarakat dan Negara lebih baik.

Segala sesuatu di mulai dari diri kita sendiri.tidak ada salah untuk saling mengingatkan kawan.

 

Narasumber : Dra.Sri Widayati,S.E,M.Si (Wakil dekan FKIP UNDARIS)

Moderator : Harris Widi.

Penulis &Editor: May Pratama.

 

Tags: , , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN