Kolesterol Bisa Juga Menyerang Anak-anak

 Rasika USA,  16-03-2017 15:46:17

  

iki jo KS

UNGARAN,Rasika USA-Jika pada jaman dahulu banyak orang yang berfikir bahwa kolesterol hanya terjadi pada golongan orang kaya saja.tapi ternyata tidak,kolesterol juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja dan tidak memandang golongan kaya maupun miskin,karna banyak faktor yang menyebabkan kolesterol terjadi.

Ahli gizi RS.Ken Saras Yulia Betty Utami,AMd,Gz menjelaskan dalam acara Bincang Sehat di Radio Rasika USA bahwa kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian di produksi oleh hati,jika mengendap di dalam pembuluh darah atau arteri biasanya akan menyebabkan penyakit.

“kolesterol itu terjadi karna faktor gaya hidup yang tidak sehat biasanya,anak muda yang suka mengonsumsi fast food dan terlalu banyak makanan yang di goreng dan mengandung lemak jenuh,lemak jenuh itu seperti jeroan,santan,mentega dll” tambah Yulia.

untuk orang dewasa yang usianya sudah lebih dari 40 tahun sebaiknya selalu rutin check kolesterol ke apotik,puskesma atau RS terdekat.

“karna usia segitu memang rawan sekali penyakit yang muncul,tidak hanya kolesterol saja,melainkan hipertensi,gula darah dan masih banyak yang lainnya.
jika dari awal sudah terdeteksi,maka untuk penyakit yang muncul juga akan segera di tangani.” terang Yulia.

Di jelaskan oleh Yulia bahwa ada beberapa makanan yang bisa mengurangi kolesterol salah satunya adalah alpukat,makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Gejala-gejala yang timbul pun juga sebenarnya tidak spesifik.
tapi kebanyakan yang sering di alami oleh penderita kolesterol adalah tengkuk terasa nyeri,mual muntah,pusing, dan untuk tensi yang lebih dari 800 akan menjadi lemas.

perlu di ketahui bahwa kolesterol ada beberapa macam yaitu :

1.LDL (Low Density Lipoprotein)

Sering di sebut dengan kolesterol “jahat” yang fungsinya adalah mengangkut kolesterol dari organ hati ke dalam sel-sel yang membutuhkan.Jika terlalu banyak maka akan mengendap di pembuluh darah dan penyebabkan penyempitan yang bisa menyebabkan penyakit.

2.HDL (High Density Lipoprotein)

Kolesterol yang satu ini sering di sebut dengan koleterol “baik”.Fungsinya adalah kolesterol yang balik ke hati dan di hancurkan dalam bentuk kotoran.

3.Triglieserida

Triglieserida adalah lemak dalam tubuh yang di ubah menjadi energi,jika terlalu banyak maka juga bisa menyebabkan penyakit.

Pesan dari Yulia untuk mencegah terjadinya kolesterol dalam tubuh kita adalah agar kita mengubah pola hidup dengan mengatur pola makan dan mengurangi lemak jenuh.
perbanyak olahraga dan gerak-gerak tubuh,bagi yang obesitas di usahakan turunkan berat badan sebanyak 1 sampai dengan 1,5kg dalam satu minggu.
check kolesterol harus rutin,dan di usahakan sebelumnya puasa dulu 8-10 jam agar tidak trerpengaruh dari makanan yang di konsumsi.

Sekian dulu Bincang Sehat bersama RS.Ken Saras.semoga bermanfaat untuk anda.jangan lupa sebarkan infoirmasi ke yang lainnya agar semuanya pada tahu.

Salam Sehat 🙂

 

Narasumber        : Yulia Betty Utami,AMd,Gz (Ahli Gizi RS.Ken Saras)
Moderator           : May Pratama

Penulis & Editor  : May Paratama

Tags: , , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN